Friday, March 9, 2018



   Dalam rangka mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di MTs dan MA/MAK, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)

   UAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018 diatur dalam SK Dirjen Pendis Nomor 181 Tahun 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional

   Sebelum membahas Teknis Dan Jadwal UAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018, alangkah baiknya apabila kita mengetahui tujuan dan sytarat madrasah yang ingin menyelenggarakan UAMBN-BK

Tujuan UAMBN

   UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan.

UAMBN berfungsi sebagai:

a) bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah;
b) umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs danMA/MAK;
c) alat pengendali mutu pendidikan; d) pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs danMA/MAK.

Syarat Madrasah Penyelenggara UAMBN-BK

   Madrasah yang dapat ditetapkan sebagai penyelenggara UAMBN-BK telah memenuhi persyaratan sebagaiberikut:

  1. Telah terakreditasi.
  2. Tersedia sejumlah komputer dan server sesuai kebutuhan.
  3. Memenuhi persyaratan teknis lainya (seperti persyaratan teknis UNBK). 
   Didalam UAMBN berbasis komputer atau yang biasa dikenal dengan UAMBN-BK ini tergolong baru karena pelaksanaannya baru berlangsung ditahun 2018.

   Setiap sekolah yang mengikuti UAMBN-BK ini diharuskan untuk memahami seluruh alur yang ada pada progarm yang sudah disediakan oleh kemenag (Kementrian Agama).

Bagaimana madrasah yang belum siap UAMBN-BK ?

   Perlu diketahui bahwa UAMBN-BK ini diperuntukkan bagi madrasah yang sudah terdaftar sebagai pelakasana UNBK Puspendik. Karena dapat dipastikan sarana prasaran sudah layak seperti spesifikasi UNBK. Sedangkan madrasah yang belum melaksanakan UNBK maka tetap melaksanakn UAMBN dengan sistem lama seperti tahun sebelumnya yaitu dengan kertas dan pensil. 

   Namun pada tahun depan madrasah yang belum terdaftar sebagai pelaksana UNBK dan UAMBN-BK diharapkan sudah harus siap melaksanakan UNBK dan UAMBN-BK. Agar semua madrasah kompak melaksanakan Ujian Berbasis komputer.

   Pada kesempatan kali ini kami emissimpatikazone akan berbagi kepada anda semunya yaitu Buku Panduan Resmi UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2017/2018. Jadi dengan adanya Panduan Resmi UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2017/2018 anda tidak perlu khawatir karena bisa mempelajari apa yang tertuang dalam buku panduan tersebut.

   Namun, pihak kemenak tidak begitu saja membiarkan sekolah untuk membuka aplikasi tanpa mencantumkan Panduan Resmi UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2017/2018. agar pihak sekolah penyelenggara lebih mudah dalam menjalankan serta mengoperasikan software yang ada.

   akses untuk sekolah bisa Login - UAMBN-BK di situ uambnbk.kemenag(dot)go(dot)id.
dari situs tersebut nantinya akan mendapatkan link download aplikasi UAMBN-BK.

   Sekian sedikit pemaparan tentang UAMBN-BK, apabila ada yang perlu ditnayakan, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah sini. Terimakasih..


Comments 0