Wednesday, May 18, 2016


Ajarkan Si Kecil Tentang Pentingnya Camilan Sehat Yuk Bunda. Bunda, si kecil apakah sekarang sudah mulai diperkenalkan dengan makanan selain ASI? jika iya itu berarti sudah saatnya kita ajarkan dan kenalkan jenis makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi, termasuk jenis camilan yang sehat buat pencernaan bayi. Makanan adalah hal penting yang diperlukan oleh bayi atau anak-anak, selain untuk asupan gizi dan energi si kecil. Aktivitas makan juga sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik halus si kecil, dimana makan dapat melatih keterampilannya dalam hal mengambil dan memasukan makanan dengan rapi dan bersih.

Ajarkan Si Kecil Tentang Pentingnya Camilan Sehat Yuk Bunda

 Balita berusia antara empat hingga enam tahun sedikitnya membutuhkan protein sebanyak 32 g dan kalori sebanyak 1.750 perharinya. Sementara untuk anak usia antara tujuh sampai 9 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1.900 dengan protein sebanyak 32 gram. Selain makanan pokok yang diberikan sebanyak 3 kali sehari, perlu diberikan makanan camilan sebagai pendamping sebanyak dua kali perhari. Yaitu pada waktu antara makan pagi dan makan siang, serta makan siang dan makan malam. Hal ini berguna agar si kecil dapat menahan lapar dan membantu menjaga stamina anak agar tidak mudah lelah dan ngantuk.

Berikut ini Artikel Dokter telah merangkum beberapa jenis makanan dan camilan sehat untuk Bunda buat di rumah guna memenuhi kebutuhan si bayi, langsung saja kita simak ulasannya.

1. Finger Foods Camilan Sehat Untuk Bayi

Anak dengan usia sekitar sembilan bulan sangat senang memasukan benda apa saja yang ada di sekitarnya ke dalam mulut, termasuk yang sering menjadi sasaran adalah jarinya. Bunda dapat menyiasatinya dengan cara membuat makanan atau camilan yang dipotong kecil-kecil seukuran jari agar mudah dipegang sendiri oleh si bayi.

Buatlah camilan finger foods menggunakan bahan sayur atau buah, agar lebih sehat. Bunda dapat menggunakan kentang, aple, nuget sayur, wortel, buah pear dan lain sebagainya. Variasikan agar si kecil tidak bosan dengan menu yang itu itu saja.

Agar lebih sehat dan kaya gizi, bunda dapat mencelupkan sayuran atau buah yang hendak di kukus ke dalam telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Atau bunda juga dapat menambahkan variasi rasa dengan mencampurkan tepung roti atau keju.

2. Susu dan Gandum Utuh Dalam Semangkuk Sereal

Camilan sehat untuk bayi yang sudah tidak asing lagi adalah sereal, sereal dapat dicampur dengan susu dan potongan-potongan buah yang lucu agar si kecil senang. Kandungan kalsium, vitamin dan serat yang tinggi dalam sereal gandum utuh sangat baik untuk pertumbuhan dan pencernaan si kecil.

3. Segelas Jus Buah Segar

Camilan sehat berikutnya tidak melulu terfokus pada makanan, anak-anak cenderung suka dengan minuman rasa buah dan segar. Berilah si kecil segelas jus buah yang divariasikan dengan susu murni dan buah lain agar rasanya berbeda, masukanlah ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan agar rasanya semakin segar.

4. Stroberi Dark Chocolate

Buah dengan ciri khas merah mencolok ini paling banyak digemari anak-anak, selain rasanya yang manis buah ini juga kaya vitamin dan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Sajikan stroberi dengan coklat lumer sebagai pelengkap, dijamin si kecil akan melahap semua yang disajikan.

5. Yogurt Buah Rendah Gula dan Lemak

Selain susu, anak-anak sangat menyukai minuman olahan hasil permentasi yaitu yogurt. Pilihlah yogurt rendah gulu dan lemak sebagai bahan dasar dalam membuat es yogurt, tambahkan potongan-potongan buah di dalamnya untuk menambah citarasa dan vitamin.

Comments 0