Wednesday, May 18, 2016

Jerawat

Secara umum jerawat terjadi karena adanya proses regenerasi sel kulit yang tidak sempurna, dimana proses regenerasi yang seharusnya terjadi secara sempurna terganggu oleh beberapa hal dan masalah. sel kulit hasil regenerasi tidak terangkat dengan baik, menempel dan bertahan di permukaan kulit sehingga mengunci kelejar pori dan minyak serta mempertahankan protein dan sebum yang ada di permukaan kulit. Minyak dan protein yang bertahan akibat sel kulit sisa keratinisasi itulah yang menjadi makanan si P. Acnes yaitu bakteri penyebab utama timbulnya jerawat.
makanan yang dapat menghilangkan jerawat

Hal-hal yang dapat mengganggu proses regenerasi kulit bisa karena faktor stres, hormon, lingkungan cara merawat diri dan kurang istirahat serta makanan. Makanan bahkan memegang peranan hingga 25% dalam mempengaruhi timbulnya masalah jerawat. Nah salah satu untuk membantu proses regenerasi kulit sempurna adalah dengan mengonsumsi jenis makanan sehat.

Makanan sehat dalam hal ini adalah makanan yang memiliki ciri diantaranya: makanan yang mateng secara alami atau mentah, buah-buahan, semua jenis sayur, tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan dasar susu, daging, kentang, junk food dan coklat. Selain dapat bermanfaat bagi kesehatan, makanan sehat juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan jerawat. Jenis makanan yang dapat menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut:

1. Makanan Mengandung Banyak Vitamin A

Makanan yang dapat menghilangkan jerawat adalah jenis makanan yang mengandung banyak vitamin terutama vitamin A, seperti sayuran hijau, brokoli dan bayam, daging salmon serta minyak ikan. Selain bermanfaat untuk mata, vitamin A juga dapat membantu proses regenerasi kulit sempurna, usahakan untuk mendapatkan vitamin A langsung dari makanan bukan dari suplemen tambahan.

2. Kacang Almond, Daging Kalkun dan Gandum Makanan Pencegah Jerawat

Berdasarkan hasil penelitian dan riset bahwa seseorang yang memiliki wajah berjerawat, cenderung memiliki kadar zinc dan mineral yang rendah. Untuk itu, dalam mencegah timbulnya jerawat Anda perlu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, sebab zinc sangat bermanfaat membantu regenerasi kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri P. acnes. Zinc dapat diperoleh dari makanan yang mengandung banyak zinc seperti gandum, kacang almon dan daging ayam kalkun.

3. Mengonsumsi Vitamin E dan C Yang Berasal Dari Makanan Alami

Sama halnya dengan vitamin A, makanan yang dapat menghilangkan jerawat adalah makanan-makanan sumber vitamin E dan C. Dimana vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti buah tomat, jeruk, pepaya, dan lemon, sementara vitamin E dapat diperoleh dari sayuran hijau, biji bunga matahari, avocado, kacang-kacangan, brokoli dan minyak zaitun.

4. Makanan Mengandung Selenium

Makanan yang dapat menghilangkan jerawat berikutnya adalah makanan yang mengandung zat selenium, dimana selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan dan melindungi kulit kita dari berbagai radikal bebas dan sinar matahari, seperti misalnya telur, ikan salmon, tuna, beras merah, gandung dan juga bawang putih.

5. Mengandung Omega-3

Omega 3 selain dipercaya sebagai makanan utama otak, omega 3 juga sangat bermanfaat dalam membantu proses regenerasi kulit. Makanan yang mengandung banyak omega 3 terdapat pada kacang almond, biji bunga matahari, kacang kenari, ikan salmon dan ikan sarden.

6. Perbanyak Minum Air putih

Air putih selain bermanfaat dalam mencegah dehidrasi, air juga sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Air juga berfungsi menetralisir toxin dan racun yang ada dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui keringat dan air seni, terutama racun yang dapat memicu kerusakan kulit dan regenerasi. Disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak lima hingga 8 gelas setiap hari.

7. Segelas Susu

Makanan yang dipercaya mencegah jerawat adalah susu, dimana susu mengandung hormon androgen. Hormon tersebut berfungsi meningkatkan proses produksi minyak alami pada kulit yaitu sebum.

8. Gula Dapat Membantu Regenerasi Kulit

Gula juga dipercaya dapat mencegah datangnya jerawat, bahkan beberapa kosmetik sudah menggunakan gula sebagai bahan pembersih wajah. Selain dapat dikonsumsi, gula juga bisa digunakan sebagai masker yang bermanfaat menghaluskan dan mengencangkan kulit.

(sumber : artikel dokter)

Comments 0