Wednesday, May 18, 2016

menu diet sehat

Menu diet berikut ini adalah lanjutan dari menu diet yang sebelumnya diposting yaitu dengan judul 11 Daftar Menu Diet Menurunkan Berat Badan, dan berikut adalah ulasannya. Daftar menu diet yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan yaitu sebagai berikut:

Daftar Menu Diet Menurunkan Berat Badan Sehat dan Cepat
1. Kacang Pinus

Daftar menu diet menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah kacang yang berasal dari pohon pinus, kandungan fitonutrien dalam kacang pinus dapat menghambat nafsu makan Anda. Meskipun bentuknya kecil namun manfaatnya sangat besar dalam menurunkan berat badan. Makanlah kacang pinus sebanyak satu genggam perhari agar Anda dapat menahan diri dari makan dengan jumlah banyak.

2. Jamur Kancing

Jamur kancing sangat bermanfaat dalam membantu proses diet anda, kandungan vitamin yang tinggi namun rendah kalori akan sangat bermanfaat meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tentu saja dapat menunjang program penurunan berat badan Anda.

3. Kacang Mesir Atau Kacang Lentil

Kacang lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang berasal dari Negera timur tengah yaitu mesir, kacang ini dikonsumsi setelah diolah dan dimasak sebab kacang lentil tidak dapat dikonsumsi secara mentah. Di Indonesia sendiri kacang ini belum banyak dibudidayakan, jadi kacang ini masuk melalui proses import.
Kandungan protein baik di dalam kacang lentil berguna membantu menstabilkan jumlah karbohidrat dan kolesterol di dalam tubuh, begitu juga dengan seratnya yang tinggi tentu akan sangat bermanfaat bagi program diet Anda.

4. Sayuran Brokoli

Sayuran hijau yang memiliki bentuk ini sudah sejak dulu dipercaya dapat membantu program diet seseorang, jika diolah dengan benar sayuran brokoli bisa melepaskan lemak jenuh dalam tubuh. Jangan memasak brokoli bersamaan dengan keju atau makanan yang mengandung lemak sebab hal tersebut akan membuat brokoli kehilangan manfaatnya.

5. Daging Rendah Lemak

Dalam program diet mungkin Anda akan merasa bosan dengan menu sayur yang itu itu saja, siasati dengan cara mengonsumsi daging terutama daging rendah lemak atau tanpa lemak. Pilihlah daging sapi yang dimasak dengan cara dipanggang, tambahkan rempah dan lada hitam agar rasanya lebih menarik dan bermanfaat bagi diet Anda. Hanya saja meskipun rendah lemak, daging tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Melon dan Buah Blewah

Buah yang memiliki ciri bulat dan berwarna hijau ke kuningan ini selain rasanya yang enak dan manis ternyata juga bermanfaat menunjang program diet Anda. Meskipun tidak terlalu banyak tapi kandungan katekin dan antioksidan yang mirip dengan kandungan green tea bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

7. Sayuran Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang banyak disukai oleh semua kalangan, baik muda maupun dewasa. Kandungan vitamin dan gizi yang terdapat pada sayur bayam sangat bermanfaat dalam membantu mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Disamping itu bayam juga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

8. Green Tea

Kandungan katekin dan oksidan yang terdapat pada teh hijau dipercaya membantu proses penurunan berat badan, kandungan in i juga  yang dimiliki oleh buah melon dan blewah. Dimana nutrisi tersebut akan bekerja menghancurkan kalori dan lemak yang menumpuk maupun yang baru masuk ke dalam tubuh.

9. Rempah Kayu Manis

Kayu manis adalah sejenis rempah-rempah yang biasa dicampurkan ke dalam masakan sebagai penyedap rasa, selain itu kayu manis juga bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan dan program diet. Caranya anda bisa menambahkan seujung sendok kayu manis bubuk atau batangan ke dalam jenis makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi.

10 Tumbuhan Asparagus

Tumbuhan yang memiliki banyak manfaat penting ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan benar, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh seperti misalnya memelihara bakteri baik untuk hidup dengan baik di dalam usus, mengeluarkan toxin dan racun jahat dalam tubuh hingga mengontrol kadar lemak dan berat badan.

11. Segelas Jus Alpukat Atau Buah Alpukat Utuh

Jika Anda suka mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya segera mengganti kebisaan tersebut dengan jus alpukat yang lebih sehat. Meskipun alpukat memiliki kandungan lemak tinggi, namun lemak tersebut tergolong kedalam lemak tak jenuh atau lemak baik sehingga berguna bagi kesehatan dan menurunkan berat badan. Kandungan vitamin dan serat yang kaya sangat bermanfaat bagi program diet Anda.

12. Selai Rasa Kacang


Daftar menu diet untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah makanan hasil olahan kacang, yaitu selai kacang. Sama seperti kacang itu sendiri, selai kacang juga bermanfaat dalam menghilangkan tumpukan lemak di dalam tubuh. Jika bosan dengan selai kacang tanah anda dapat pula mengganti atau memvariasikan dengan selai kacang almond yang rasanya lebih enak, hanya saja harganya sedikit lebih tinggi.

13. Ikan Salmon


Jika anda tidak menyukai daging sapi, dapat pula menggantinya dengan daging yang berasal dari air yaitu ikan salmon. Kandungan omega tiga yang tinggi pada salmon sangat baik sebagai penunjang program diet, kandungan lemak tak jenuhnya pun sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Pastikan mengonsumsi ikan salmon dengan cara dikukus atau dipanggang, sebab jika digoreng ikan salmon akan kehilangan beberapa nutrisi baiknya.

14. Sari Buah / Cuka Apel

Menu program diet berikutnya adalah cuka apel, sejenis minuman hasil permentasi sari buah apel yang rasanya sedikit asam juga bermanfaat dalam mengontrol rasa lapar dan nafsu makan. Selain itu cuka apel juga bermanfaat dalam memperlancar proses pencernaan dan menghancurkan lemak-lemak yang menumpuk

Jika sesekali ingin mengonsumsi makanan yang digoreng, Anda bisa mengganti minyak goreng biasa Anda dengan minyak zaitun, sehingga makanan hasil penggorengan Anda menjadi sehat dan tidak mengganggu program diet yang dijalani. Sebab keistimewaan minyak zaitun saat dikonsumsi, tidak meninggalkan jejak lemak pada makanan yang diolah bersamanya.

15. Bluberyy Segar

Buah yang memiliki ukuran kecil ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar dalam menunjang program diet yang dijalankan, seperti memecah tumpukan lemak terutama pada bagian perut. Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari buah bluberry adalah meminimalisir resiko diabetes dan penyakit gula lainnya, sebab selain dapat memecah tumpukan lemak juga dapat mengontrol kadar gula berlebih dalam tubuh kita.

16. Sayuran Berwarna Hijau

Hampir semua sayuran hijau sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, dan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat didalamnya sangat diperlukan sebagai asupan harian semua orang. Selalu pastikan sayur yang Anda konsumsi sayuran bebas pestisida, dan bahan berbahaya lainnya.

Dan itulah beberapa Daftar Menu Diet Menurunkan Berat Badan Yang Lengkap, Sehat Dan Cepat. Anda dapat memilah dan memilih menu mana yang anda sukai dan cocok dengan kondisi keuangan Anda, variasikan menunya bergantian secara rutin agar Anda tidak mengalami kebosanan. Be Healthy !

(sumber : artikel dokter)

Comments 0