Wednesday, May 18, 2016

Bayi sehat dan cerdas

Sebagai orang tua, bunda tentu akan senang jika memiliki buah hati yang sehat dan cerdas. Anak yang sehat biasanya ditandai dengan bentuk fisik yang sempurna, rambut lebat dan kulit bersih. Tahukah Bunda, ternyata impian memiliki anak yang sehat dan cerdas dapat diwujudkan dengan beberapa cara dan tips mudah. Tips ini dimulai sejak bunda mengandung calon si buah hati, lalu apasajakah tips dan cara agar anak sehat dan cerdas berikut ulasannya.

Cara agar punya bayi sehat, cerdas dan cantik

1. Mengonsumsi Suplemen Kehamilan Asam Folat Untuk Membentuk Sel Otak Bayi

Saat hamil, bunda harus rajin meminum suplemen kehamilan yang mengandung asam folat. Dimana seperti yang bunda tahu, bahwa asam folat sangat bermanfaat dalam pembentukan sel otak janin dalam kandungan. Selain itu, kandungan asam folat juga memiliki berbagai macam vitamin yang penting untuk pertumbuhan janin. Seperti vitamin C yang memproduksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit janin, B12 yang membentuk sel sel darah merah serta vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang bayi. Asam folat dapat bunda peroleh dari makanan seperti sayuran hijau, serta sereal yang mengandung asam folat dan zat besi.

2. Asam Omega 3 Yang Penting Untuk Pembentukan Sel Syaraf Bayi

Cara agar anak sehat dan cerdas yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung banyak omega-3, dimana peranan omega 3 tidak kalah penting dari asam folat. Fungsinya adalah untuk membantu pembentukan dan produksi sel syaraf janin, yang nantinya sel ini bertugas sebagai pengirim impuls elektrik ke organ tubuh dan otak si bayi. Omega 3 dapat bunda peroleh dari berbagai makanan seperti telur, bayam, kacang walnut, ikan salmon, tahu, sereal, kacang-kacangan dan biji rami giling serta makanan lain yang memiliki kandungan zat besi.

3. Mengonsumsi Antioksidan Dari Sayuran dan Buah Untuk Melawan Radikal Bebas

Cara yang selanjutnya adalah bunda dapat mengonsumsi banyak buah dan sayur yang mengandung banyak antioksidan, hal ini berguna dalam melawan radikal bebas yagn dapat merusak pertumbuhan jaringan otak si janin. Antioksidan dapat diperoleh pada buah-buahan seperti jeruk, bluberyy, pepaya, serta sayuran hijau dengan warna hijau tua. Pastikan anda mencuci terlebih dahulu buah dan sayur dengan baik sebelum dikonsumsi, untuk menghilangkan kandungan pestisida dan bakteri. Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan pupuk organik yang lebih sehat.

4. Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Zat besi memegang peranan penting saat hamil, sebab zat besi berperan sebagai pengantar oksigen kepada janin. sebagian besar wanita, mengawali masa hamilnya dengan kondisi tubuh kurang zat besi. Alhasil rahim menjadi kurang oksigen, pertumbuhan fisik dan IQ si janin menjadi terganggu dan tidak sempurna. Untuk itu bunda, pastikan mengonsumsi makanan kandungan zat besi tinggi pada saat hamil. Bila perlu dua kali lipat dari kebutuhan zat besi sebelum hamil, untuk memastikan si bayi

5. Makanan Kaya Protein Untuk Pembentukan Sel dan Hormon Janin

Tidak hanya zat besi, pada saat hamil kebutuhan akan protein juga meningkat menjadi dua kali lipat. Untuk itu bunda, usahakan untuk banyak-banyak konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Sebab protein berperan penting dalam menunjang pertumbuhan janin, pembentukan sel hormon dan sel-sel baru untuk menunjang tumbuh kembang si bayi di dalam kandungan. Protein dapat diperoleh dari makanan seperti daging rendah lemak, yogurth, dan jenis kacang-kacangan. Pastikan bunda mendapatkan asupan protein hingga 10 gram perharinya.

6. Ajaklah Calon Bayi Berkomunikasi, Bernyanyi atau Membacakan Cerita.

Tahukah bunda, ternyata bayi di dalam kandungan dapat merespon suara yang berasal dari luar. Untuk itu ajaklah si janin berkomunikasi sejak dalam rahim, atau memperdengarkan musik dan membacakan cerita. Sudah banyak buktinya bayi yang diajak berkomunikasi biasanya menjadi anak yang cerdas dan pandai pada saat lahir, selain itu komunikasi dan bayi juga dapat membuat ikatan batin si bayi dan bunda semakin kuat.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam membantu pertumbuhan dan kesehatan janin terutama sel otak agar tumbuh cerdas, dan agar bunda dapat buah hati dengan bentuk fisik sempurna dan cantik. Ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh bunda selama kehamilan, dan berikut ini adalah ulasannya.

7. Hindari Terlalu Banyak Mengonsumsi Ikan Agar Terhindar Dari Merkuri.

Ikan memang kaya akan vitamin dan nutrisi, namun saat bunda hamil sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi ikan terutama ikan yang berasal dari laut. Seperti ikan makarel, tile, pedang dan lain sebagainya. Jika memang bunda suka sekali dengan ikan usahakan untuk mengurangi jumlah konsumsinya menjadi 2 porsi setiap minggunya agar dapat terhindar dari kontaminasi merkuri yang dapat mengganggu pertumbuhan si janin.

8. Jaga Berat Badan Ideal, Olahraga dan Hindari Minum Alkohol

Selama hamil usahakan untuk tetap mempertahankan berat badan ideal, jaga kondisi dan kesehatan tubuh dengan banyak bergerak atau olahraga, dan stop meminum minuman beralkohol.

9. Jaga Kondisi Hormon Tiroid Tetap Stabil

Bunda, saat hamil sebaiknya mengonsumsi makanan beryodium dengan jumlah normal yaitu sekitar 220 mg perharinya. Dengan begitu kadar hormon tiroid bunda akan tetap stabil, sebab kelebihan dan kekurangan hormon tiroid dapat berakibat buruk pada kesehatan janin. Seperti misalnya terganggu proses pembentukan IQ sehingga tidak maksimal. Periksa kadar hormon tiroid bunda ke dokter untuk dapat memastikan dengan baik hormon tiroidnya sehingga proses kehamilan dapat berjalan dengan baik.

Nah itulah bunda tips kehamilan dan hal-hal yang perlu dilakukan dalam mewujudkan impian bunda untuk memiliki bayi sehat, cerdas dan rupawan. Dengan menyediakan asupan dan nutrisi yang baik, bisa dipastikan bayi tersebut akan lahir dengan kondisi yang sehat, kuat dan cantik. Be Healthy !

( sumber : artikel dokter )

Comments 2

May 19, 2016 at 10:14 AM

Siipp, bisa di coba mulai sekarang. Haha

Reply
avatar
May 19, 2016 at 1:07 PM

syarat dan ketentuan berlaku, jangan asal coba

Reply
avatar