Wednesday, May 18, 2016

Mengatasi Rambut Rontok

Tips Mudah dan Efektif Dalam Mengatasi Masalah Rambut Rontok. Rambut merupakan organ seperti benang kecil yang tumbuh diatas kulit melalui pori-pori, rambut sering disebut sebagai mahkota seseorang. Semua makhluk di bumi ini baik hewan maupun manusia memiliki bulu-bulu yang tumbuh disekujur tubuhnya, yang berfungsi sebagai pelindung. Semua orang menginginkan rambut yang sehat, kuat dan berkilau. Namun terkadang, masalah yang sering kali muncul pada rambut adalah kerontokan yang disebabkan oleh patah atau tidak kuatnya akar rambut. Masalah kerontokan ini ternyata sudah sejak dari zaman dahulu menjadi salah satu problem rambut yang paling banyak dialami, berbagai cara mengatasi kerontokan rambut juga sudah dilakukan. Namun terkadang rambut masih saja rontok, Untuk itu kerontokan pada rambut perlu mendapatkan penanganan yang serius sesuai dari penyebab kerontokan tersebut.

4 Tips Mudah dan Efektif Dalam Mengatasi Masalah Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Apa yang menyebabkan rambut rontok?

Penyebab dari rambut rontok yang paling mungkin terjadi biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin dalam tubuh, selain itu masalah tiroid dan masuknya periode menopause bagi wanita sering kali menjadi penyebab kerontokan rambut. Dan beberapa penyebab lain yang juga dapat menyebabkan kerontokan diantaranya adalah: kerontokan yang disebabkan oleh suatu penyakit yang cukup serius, seperti kanker dan lain sebagainya.

Penyebab yang mungkin terjadi sehingga Anda mengalami rambut rontok antara lain adanya kekurangan vitamin dalam tubuh, masalah tiroid serta memasuki periode menopause pada wanita. Selain itu, penyakit lain yang lebih serius dapat dialami dan mengakibatkan adanya kerontokan rambut. Dengan mengetahui penyebab terjadinya kerontokan rambut, maka pengobatan dapat disesuaikan dengan hasil yang lebih efektif.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Cara mengatasi rambut rontok sebenarnya mudah saja, yang terpenting kita harus mengetahui penyebab dari kerontokan tersebut. Agar dapat melakukan pengobatan rambut rontok yang sesuai dengan kondisi dan penyebabnya. Ada banyak metode yang dapat ditempuh dalam mengatasi rambut rontok seperti mengkonsumsi obat-obatan dari dokter atau ahli kecantikan, ada pula cara mengatasi rambut rontok secara alami. Dan berikut ini Artikel Dokter mencoba memaparkan beberapa tips dan cara mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Hindari Stres

Salah satu penyebab rambut rontok biasanya adalah kurangnya istirahat, yang menyebabkan kondisi  emosional meningkat dan menimbulkan stres. Kondisi stres inilah yang dapat memicu timbulnya kerontokan, untuk itu cobalah untuk memperbanyak istirahat dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Mintalah seseorang untuk mendengarkan masalah dan keluhan Anda saat fikiran Anda sedang kacau, jangan biarkan kondisi stres menguasai emosional Anda. Sehingga kerontokan dapat dihindari, namun apabila kerontokan tidak dapat dihindari bahkan sampai membuat rambut Anda sangat tipis. Segera lakukan pemeriksaan dan perawatan pada ahlinya.

2. Jangan Sembarangan Memakai Vitamin Rambut


Cara mengatasi rambut rontok yang kedua adalah dengan waspada dan berhati-hati dalam memilih vitamin untuk rambut Anda. Bacalah aturan pakai yang terdapat pada label produk atau vitamin tersebut, bila perlu konsultasikan pada dokter atau ahli kecantikan. Mintalah penjelasan yang mendetail tentang efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Vitamin rambut tersebut, juga tentang kondisi dan jenis rambut Anda. Dengan begitu kerontokan yang semakin parah akibat memakai sembarangan vitamin dapat dihindari. Hal ini juga sangat disarankan untuk Anda yang tengah mengkonsumsi obat-obatan lain, sebab dikhawatirkan penggunaan obat-obatan secara bersamaan dapat memicu dan memperparah kerontokan itu sendiri.


3. Perhatikan dan Perbaiki Asupan Nutrisi

Cara mengatasai rambut rontok berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang Anda konsumsi setiap harinya, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak mineral dan protein. Sebab mineral dan protein bermanfaat dalam memperkuat akar rambut, juga bermanfaat dalam memicu tumbuhnya rambut baru. Protein tersebut dapat Anda dapat dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari jensi makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telur dan ikan. Selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung Omega 3 secara rutin, sebab Omega 3 juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut Anda.


Bagi Anda yang memiliki gangguan pada sistem metabolik, mengonsumsi nutrisi seperti biotin, zinc dan suplemen yang mengandung zat besi sangat disarankan. Sebab nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu dalam mencegah terjadinya kerontokan rambut.

4. Selektif Memilih Aksesoris Rambut

Cara mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah dengan berhati-hati dan selektif dalam menggunakan berbagai aksesoris serta alat –alat tata rambut yang biasa digunakan untuk mempercantik rambut. Terkadang, semua orang ingin tampil maksimal dengan mempercantik diri pada bagian rambut. Mulai dari menggunakan aksesoris hingga melakukan pewarnaan pada rambut. Tanpa disadari, kegiatan-kegiatan tersebut dapat merusak dan membuat rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Kegiatan yang tujuannya mempercantik rambut namun malah memperparah kondisi rambut rontok diantaranya adalah Penggunaan karet rambut, sisir dan bando. Menggunakan alat catok sebagai pelurus atau pengeriting rambut juga dapat memicu kerontokan rambut yang disebabkan oleh kerusakan dan rambut patah. Melakuan pewarnaan pada rambut juga sangat tidak disarankan, sebab hal itu dapat membuat rambut menjadi stres dan rusak yang berakhir dengan kerontokan.
Utamakan untuk selalu memperhatikan jenis dan kecenderungan rambut yang Anda miliki, hindari pemaksaan menggunakan produk-produk kecantikan rambut secara berlebihan. Jika memang rambut yang Anda miliki bertipe lemah, cobalah tips agar rambut tampak tidak tidak terlalu tipis diantaranya adalah memotong rambut menjadi lebih pendek, menata rambut Anda dengan memasang hair extension, pewarnaan pada kulit kepala, serta menata rambut dengan gaya belah samping agar rambut tampak lebih tebal dan banyak.

Sekian Artikel Kesehatan tentang 4 Tips Mudah dan Efektif Dalam Mengatasi Masalah Rambut Rontok, semoga bermanfaat. Jika segala macam cara sudah dilakukan dalam mengatasi kerontokan rambut, cobalah untuk menggunakan obat-obatan atau produk penumbuh rambut yang sesuai dengan anjuran dokter. Perawatan dan penanganan tepat, yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut Anda. Akan mempercepat dalam mengatasi masalah kerontokan rambut Anda.

(sumber : artikel dokter )

Comments 0